Backlink Contextual: Definisi, Manfaat & Cara Mendapatkannya

Backlink Contextual: Definisi, Manfaat & Cara Mendapatkannya

Backlink Contextual adalah jenis backlink yang ditempatkan dalam sebuah artikel yang telah menjadi sebuah postingan, baik di tengah, diawal, atau pada akhir kalimat.

Terdapat beberapa orang yang menganggap 1 Backlink Contextual untuk memiliki kekuatan yang sama dengan kekuatan yang dihasilkan dari 100 jenis backlink komentar atau backlink profile. 

Jika terdapat dua alasan yang melandasi mengapa jenis backlink seperti ini jauh memiliki kualitas yang sangat baik jika dibandingkan dengan backlink komentar. Terdapat alasan yang tercetus karena adanya relevansi yang jauh lebih baik dan UX yang memiliki nilai jauh lebih baik.

Daftar Isi

Banyak alasan yang menjadi dasar atas kenapa kalian harus menggunakan jenis contextual backlink ini. Alasan utama tersebut adalah karena Google dapat memberikan nilai yang sangat besar dibandingkan dengan jenis backlink yang dibuat dengan konsep non-contextual.

Google memiliki asumsi bahwa contextual backlink di dalam konten, memiliki relevansi yang jauh lebih besar dan memiliki nilai lebih di dalam artikel yang telah diposting. Pemahaman Google juga akan menjadikan mesin pencari untuk lebih percaya bahwa link tersebut benar dibuat secara alami, bukan sebagai manipulasi.

Terdapat beberapa manfaat yang dapat diberikan dari jenis contextual backlink, berikut adalah manfaatnya:

  • Dapat meningkatkan trafik website, orang akan lebih cenderung mengunjungi konten yang sangat bermanfaat
  • Meningkatkan visibilitas, dapat lebih banyak orang untuk melihat nama, merek, dan juga nama website web kalian.
  • Meningkatkan jumlah tautan.
  • Meningkatkan otoritas website, Google akan memberikan otoritas terbaik bagi domain atau halaman di dalam situs website yang memiliki kualitas backlink yang sangat baik dan juga backlink yang memiliki kualitas baik yang memiliki bentuk Contextual.
  • Memiliki kredibilitas website, Seseorang akan mendapatkan rasa percaya pada website kalian karena mereka memiliki jenis contextual backlink.

Demikian adalah manfaat yang dapat didapatkan dari backlink contextual. Bagaimana cara untuk mendapatkan contextual backlink tersebut? Dibawah ini saya akan memberikan trik untuk mendapatkan contextual backlink berkualitas.

Cara Mendapatkan Backlink Contextual

cara mendapatkan backlink
Sumber gambar: pixabay.com/parveender

Berdasarkan sesi sering ilmu yang pernah saya lakukan bersama Dedi Ariko, salah satu blogger senior dan juga founder salah satu jasa SEO di Jakarta,  terdapat cara tercepat yang dapat kalian lakukan agar dapat mendapatkan Backlink Contextual yaitu dengan cara melakukan guest post di website lain. 

Kalian dapat mencari jasa penulis artikel untuk dapat membuat artikel berkualitas. Tetapi kalian harus pandai dalam mencari niche yang masih relevan. Kalian juga harus memperhatikan kualitas website yang akan memberikan tautan tersebut. Jangan biarkan DA/PA jauh lebih rendah di bawah website yang kalian miliki.

1. Link Tautan Otoritas Yang Memiliki Fokus Niche

Berikut ini adalah salah satu cara untuk dapat mendapatkan link tautan contextual merupakan fokus untuk dapat mendapatkan tautan melalui otoritas tinggi yang berada dengan website kalian. Jika website kalian memiliki pembahasan tentang kesehatan, maka Niche yang tepat untuk dapat mendapatkan backlink dari website kesehatan seperti Halodoc dan lainnya.

2. Tautan Link Editorial

Tautan link editorial merupakan website yang memiliki nilai otoritas dengan baik yang tidak berfokus pada niche tertentu. Pada dasarnya media saat ini seperti CNN merupakan sumber tautan yang memiliki kualitas baik. 

Mungkin hampir sama seperti sebelumnya, namun memiliki fokus hanya dalam nilai editorial. Metode seperti ini terbilang cukup sulit, tetapi jika kalian mendapatkan tautan link editorial jelas sangat berguna bagi website kalian.

3. Broken Link

Saat terdapat link yang berasal dari sebuah website dengan otoritas yang tinggi dan rusak, kalian dapat menggantinya dengan link website yang kalian optimasi. Tetapi jelas link tersebut harus memiliki kualitas yang baik dan juga memiliki niche yang memiliki fokus sama.

4. Menggunakan Jasa Backlink

Beli backlink adalah cara alternatif yang dapat digunakan dalam jenis pemasaran digital untuk dapat mendapatkan jenis contextual backlink yang sangat cepat. Tetapi, saat memilih untuk menggunakan layanan backlink, kalian harus pandai untuk menentukan layanan backlink yang benar memiliki kualitas yang sangat baik.

Demikian adalah ulasan tentang 5 cara mendapatkan Backlink Contextual berkualitas. Tetap ikuti blog SousamaChado Arts untuk update artikel menarik lainnya seputar blogging dan SEO dari saya, mulai dari cara membuat backlink, membuat konten SEO friendly dan optimasi Google Maps.

Rekomendasi 5 Aplikasi Untuk Membuat Pamflet, Cukup Pakai Smartphone